Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Sederhana dan Sesuai Etika

Saat karyawan akan mengundurkan diri dari pekerjaannya, mereka harus membuat surat pengunduran diri yang sesuai dengan etika perusahaan. Untuk itu, setiap karyawan yang memiliki rencana mengundurkan diri dari pekerjaannya, harus mengetahui contoh surat pengunduran diri yang baik.

  sumber gambar : pixabay.com/surat pengunduran diri/mohammed_hassan

Saat karyawan akan mengundurkan diri dari pekerjaannya, mereka harus membuat surat pengunduran diri yang sesuai dengan etika perusahaan. Untuk itu, setiap karyawan yang memiliki rencana mengundurkan diri dari pekerjaannya, harus mengetahui contoh surat pengunduran diri yang baik.

Umumnya, surat pengunduran diri seperti ini wajib dilakukan 1 bulan sebelum karyawan tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. Jadi, surat pengunduran diri ini tidak boleh dibuat secara sembarangan. Ada beberapa poin tertentu yang wajib diperhatikan untuk membuat jenis surat ini.

8 Contoh Surat Pengunduran Diri yang Sederhana dan Sesuai Etika

Karyawan bekerja di sebuah perusahaan dengan cara yang baik dan sopan, sehingga tentu ketika mereka hendak berhenti bekerja dari perusahaan tersebut, mereka wajib berpamitan dengan cara yang tidak kalah sopan.

Satu bulan sebelum seorang karyawan memutuskan untuk berhenti bekerja, mereka wajib mengajukan surat pengunduran diri yang sesuai etika perusahaan. Dalam hal ini, sebelum seorang karyawan membuat surat pengunduran diri yang resmi, mereka perlu memperhatikan beberapa contohnya ini:

1.     Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Surat pengunduran diri wajib dibuat dengan sebaik mungkin dan mampu menyiratkan perilaku sopan dari penulisnya. Meski terkesan sederhana, tapi masih ada beberapa orang yang belum tahu poin-poinnya dalam hal ini. Untuk itu, simak dengan baik contoh suratnya berikut ini:

Perihal: Mengundurkan Diri

Kepada Yth,

Rektor Institut Pertanian Bogor

 

Dengan hormat,

Saya selaku asisten dosen di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor berencana untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, dengan alasan adanya kepentingan keluarga yang tidak bisa ditinggal lama.

Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen penting yang antara lain:

        Kartu Hasil Studi (KHS) periode terakhir

        Bukti pembayaran SPP periode terakhir

        Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari orang tua kandung/wali

Demikian surat permohonan pengunduran diri yang bisa saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

 

Bogor, 12 Juli 2022

Hormat Saya,

Agus Widyanto

2.     Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana dan Baik

Ketika membuat surat pengunduran diri, orang-orang hanya perlu menyampaikan inti pesannya secara jelas dan ringkas. Jadi, jenis surat ini tidak perlu ditulis atau dibuat secara panjang-panjang. Yang terpenting, inti dari surat tersebut sudah bisa tersampaikan dengan baik.

Untuk memudahkan para karyawan yang hendak mengundurkan diri dari pekerjaannya, berikut kami sampaikan contoh surat mengundurkan diri yang sederhana dan baik:

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Widodo Sukno

NIK: 34262976672688

Pangkat/golongan: Tim pemasaran

Jabatan: Manajer pemasaran

Dengan ini saya menyatakan bahwa saya mengundurkan diri sejak dinyatakan diterima sebagai salah satu penerima beasiswa di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Bersamaan dengan keputusan saya ini, saya siap mengganti seluruh biaya yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan kesadaran yang penuh, tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.

Yogyakarta, 11 Juli 2022

Widodo Sukno

34262976672688

Mengetahui

Kepala Dinas

3.     Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Hotel

Untuk contoh yang satu ini bisa dijadikan sebagai referensi terbaik bagi para karyawan hotel yang hendak mengundurkan diri dari pekerjaannya. Berikut adalah contoh surat untuk mengundurkan diri bagi para karyawan hotel:

Kamis, 21 Juli 2022

Kepada Yth,

Kepala Departemen HRD Hotel Tandjung Sari

Jl. Danau Tamblingan No. 41, Sanur, Denpasar, Bali

Perihal: Mengundurkan Diri

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ni Putu Wulan Dirta

Alamat: Jl. Maribaya No. 141, Bogor, Jawa Barat

Jabatan: Gym Attendant

Departemen: House Keeping Hotel Tandjung Sari

Dengan ini saya mengajukan surat pengunduran diri sebagai salah satu karyawan di Hotel Tandjung Sari. Pengunduran diri ini saya ajukan dengan alasan hendak menyelesaikan kuliah saya yang sempat tertunda. Pengunduran diri ini mulai berlaku sejak tanggal surat ini ditandatangani.

Saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh tim Hotel Tandjung Sari kepada saya selama saya bekerja. Saya yakin bahwa kesempatan ini dapat menjadi pengalaman bekerja yang sangat bekerja dalam kehidupan saya.

Demikian surat pengunduran diri yang bisa saya sampaikan, dan kembali saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya untuk perhatian yang telah Bapak/Ibu berikan.

 

Hormat Saya,

(Tanda tangan)

Ni Putu Wulan Dirta

4.     Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan Pindah Domisili

Tak jarang dari beberapa karyawan yang langsung memutuskan untuk berhenti bekerja ketika mereka harus pindah alamat domisili. Namun, keputusan ini tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba. Sebab, surat pengunduran diri wajib diajukan sejak 1 bulan sebelum karyawan berhenti bekerja.

Berikut adalah contoh yang tepat untuk membuat surat pengunduran diri kerja dengan alasan pindah domisili, yaitu:

Jakarta, 02 Juni 2022

Perihal: Mengundurkan Diri

Kepada Yth,

HRD PT. Sukma Indah Jakarta

Jl. Duren Sawit No. 171, Jakarta Timur, DKI Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dadang Supardi

Jabatan: Data Analyst

Departemen: Product Development (Junior)

NIP: 1997362268

Bersamaan dengan surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan saya selaku Data Analyst di PT. Sukma Indah Jakarta. Alasan saya mengundurkan diri adalah saya harus pindah domisili ke kota Tegal. Tentunya ini akan menjadi kendala jika saya terus bekerja di perusahaan.

Saya ucapkan terima yang sedalam-dalamnya kepada seluruh karyawan di PT. Sukma Indah Jakarta, atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya selama ini. Saya selalu mendukung atas kemajuan dan perkembangan perusahaan di masa depan.

Saya juga meminta maaf kepada rekan-rekan kerja saya apabila saya pernah berbuat salah yang disengaja maupun tidak disengaja. Demikian surat pengunduran diri yang bisa saya sampaikan, dan terima kasih atas perhatian yang telah Bapak/Ibu berikan.

 

Hormat Saya,

Dadang Supardi

5.     Contoh Surat Pengunduran Diri Tulis Tangan

Tak sedikit dari para karyawan yang memilih untuk membuat surat pengunduran diri secara manual atau tulis tangan. Sebab, sebagian besar dari mereka biasanya akan berpikir bahwa surat pengunduran diri tulis tangan seperti ini akan terlihat lebih tulus dan sopan.

Untuk para karyawan yang ingin membuat surat pengunduran diri langsung ditulis tangan, berikut kami bagikan salah satu contohnya:

Tangerang, 09 September 2022

Kepada Yth,

Kepala HRD PT. Indah Abadi

Jl. Alam Sutera No. 89, Serpong, Tangerang Selatan, Banten

 

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat yang tertulis ini, saya atas nama Dwi Saputri bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Indah Abadi, yang mana saya memiliki posisi sebagai salah satu tim pemasaran perusahaan.

Saya mengajukan permohonan ini dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga yang sempat terhenti. Saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan bekerja selama 4 tahun ini.

Saya juga meminta maaf kepada rekan-rekan kerja saya apabila saya pernah melakukan kesalahan yang tidak disengaja maupun disengaja.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan dengan tulus tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Saya akan selalu mendukung kemajuan dan perkembangan PT. Indah Abadi di masa depan.

 

Hormat Saya,

Dwi Saputri

6.     Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Surat pengunduran diri kerja pabrik juga harus dibuat dengan cara penulisan yang baik dan benar. Bagi para karyawan pabrik yang berencana mengundurkan diri dari pekerjaannya, mereka bisa menjadikan contoh surat ini sebagai referensi:

Jakarta, 01 September 2022

Yth,

Kepala HRD PT. Sukamaju Jakarta

Di Tempat

 

Dengan hormat,

Berdasarkan kebijakan PT. Sukamaju Jakarta yang tercantum dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) mengenai 1 bulan sebelum pengunduran diri karyawan, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Saiful Rahman

NIK: 3782628011

Departemen: Marketing

Jabatan: Kepala marketing

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai salah satu karyawan dari PT. Sukamaju Jakarta. Terhitung dari 30 hari sejak surat ini dibuat, saya memohon atas persetujuan permohonan ini.

Ada pun alasan saya mengajukan permohonan pengunduran diri ini adalah karena ingin meneruskan bisnis keluarga. Saya ucapkan terima kasih kepada PT. Sukamaju Jakarta atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama 5 tahun ini.

Demikian surat pengunduran diri yang saya buat dan serahkan dengan tulus tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Terima kasih atas perhatian yang telah Bapak/Ibu berikan dan saya memohon maaf jika ada tutur kata yang tidak berkenan.

 

Hormat Saya,

Saiful Rahman

7.     Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan Retail

Hampir semua perusahaan yang beroperasi di Indonesia akan memiliki kebijakan yang sama mengenai proses pengajuan pengunduran diri para karyawannya, yaitu wajib diajukan sejak 1 bulan sebelum karyawan benar-benar berhenti bekerja. Jadi, segera buat surat pengunduran diri seperti berikut ini:

Surat Pengunduran Diri

Kepada Yth,

Kepala HRD PT. Sumber Alfaria Raya

Solo, Jawa Tengah

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap: Rosiana Jasmine

NIK: 15272912628

Jabatan: Kasir

Alamat toko: Jl. Merbabu Timur No. 35E, Solo, Jawa Tengah

Menyatakan dengan tulus bahwa mulai tanggal 10 Agustus 2022 saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT. Sumber Alfaria Raya.

Saya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan di PT. Sumber Alfaria Raya. Melalui surat ini, saya juga meminta maaf kepada perusahaan dan rekan-rekan kerja apabila ada kesalahan-kesalahan yang telah saya lakukan secara disengaja maupun tidak disengaja.

Saya tidak pernah berhenti mendukung atas kemajuan serta perkembangan PT. Sumber Alfaria Raya. Atas perhatiannya, saya ucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya.

 

Hormat Saya,

Rosiana Jasmine

8.     Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Tak sedikit dari para guru Indonesia yang ingin mengundurkan diri dari jabatannya, karena alasan yang dimilikinya masing-masing. Bagi para guru Indonesia yang berniat untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya, mereka bisa membuat surat pengunduran diri yang tepat seperti berikut ini:

Kepada Yth,

Yayasan SMK Sukarno Hatta Jakarta

Jakarta Selatan, DKI Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Retno Purwaningsih

Jabatan: Guru Matematika SMK Sukarno Hatta Jakarta

Alamat: Jl. Bakti Timur No. 54, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai guru Yayasan SMK Sukarno Hatta Jakarta mulai tanggal 13 Juli 2022. Saya akan selalu mendukung kemajuan dan perkembangan Yayasan SMK Sukarno Hatta Jakarta serta murid-murid yang menempuh pendidikan di dalamnya.

Demikian surat pengunduran diri yang saya ajukan, dan atas perhatiannya saya ucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Retno Purwaningsih

 

Beberapa contoh surat pengunduran diri di atas bisa dijadikan sebagai referensi yang tepat bagi para karyawan yang hendak mengundurkan diri dari pekerjaannya. Jadi, mereka tidak perlu merasa kesulitan lagi untuk membuat surat pengunduran dirinya masing-masing.