Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan dan jelaskan 5 Penyebab Pemain Sepak Bola Mendapatkan Kartu Merah Dari Wasit

Sebutkan dan jelaskan 5 Penyebab Pemain Sepak Bola Mendapatkan Kartu Merah Dari Wasit?

1. Melakukan pelanggaran keras terhadap lawan
pemain sepak bola yang melakukan pelanggaran keras yang dapat mencedarai lawan dengan cara menekel secara keras, mendorong lawan yang sedang berlari ketika lolos dari pengawalan, menyiku wajah lawan dengan keras dan sebagainya . ketika terjadi pelanggaran tersebut, wasit langsung memberi kartu merah tanpa peringatan.

2. Protes secara berlebihan kepada wasit
ketika sang pemain dan timnya diberi hukuman oleh wasit, sering kali pemain memprotes wasit, bahkan ada yang memprotes dengan keras hingga memaki wasit secara berlebihan. Hal berpotensi pemain terkait mendapat kartu merah langsung.

3. Pemain Selain kiper Menglangi Bola Yang hampir Masuk Ke Gawang Gol menggunakan Tangan
pemain selain kiper seperti penyerang, gelandang, dan bek (pemain belakang) menyentuh bola saat sedang bergulir (bola hidup) merupakan sebuah pelanggaran. menyentuh bola hasil dari serangan lawan bagi pemain selain kiper adalah pelanggaran berat dan bisa diganjar kartu merah oleh wasit. contohnya  piala dunia tahun 2010 saat Ghana berhadapan dengan Uruguay penyerang Luis Suarez menghalangi bola hampir masuk ke gawang menggunakan tangan. hal membuat suarez langsung diberi kartu merah dan harus meninggalkan lapangan

4. Mendapat kartu Kuning kedua
pemain seluruh posisi yang ketika melakukan pelanggaran yang mengakibatkan hadiah kartu kuning kedua dari wasit, pemain tersebut otomatis mendapat kartu merah dan harus meninggalkan lapangan.  pemain yang meninggalkan lapangan akibat mendapat kartu merah yang berasal dari  kartu kuning kedua, akan mendapat skorsing 1 pertandingan

5. Perkelahian yang menimbulkan kekerasan
Perkelahian antar pemain sepak bola umumnya terjadi akibat pelanggaran berat dan kurang puas dengan keputusan wasit. perkelahian sering menimbulkan kekerasan fisik. pemain yang kedapatan melakukan kekerasan dalam perkelahian berpotensi mendapat kartu merah langsung dari wasit.

itulah 5 hal yang menyebabkan pemain sepak bola diberi kartu merah oleh wasit , semoga bermanfaat